Tuesday, April 30, 2013

Sejak lama saya telah tahu, bahwa gravitasi itu tidak ada! Ndak percaya ?

Katanya gravitasi itu ada apabila dua benda tarik menarik dikatakan ada gaya gravitasi disana?
Apakah gravitasi berasal dari elektromagnetik? elektrostatik ?


Jagan-jagan itu haya gaya magnet!!! Maua lebih jelas lanjutkan….
Inilah sejarah panjang tentang gravitasi yang intinya gravitasi itu adalah gaya tarik menarik.

Asalnya sih dari perdebatan tentang bumi atau mataharikah sebagai pusat tata surya. Istilah kerenya geosentris dan holeosentris itu pembahasanya. 


Namun semua mersa tercerahkan dengan lamunan Newton akan sebuah apel yang jatuh dari pohonya. 

Untunya bukan saya yang temukan pasti kisahnya ketika melihat bom Molotov yang jatuh di air saat menabung di toilet. Kan jelek kisahnya.
Pernah tidak tepikirkan seandainya Newton melamunkan tentang asap yang terbang di udara, Gravitas jadi tanda Tanya besarkan?. 

Terus kalau benda yang massanya lebih besar cenderung akan menarik yang lebih kecil. So, kenapa massa udara yang lebih ringan tidak lebih kuat ditarik di banding apel? Ayo kenapa bisa.

penyebab gravitasi ini sendiri masih membingungkan, karena dua mahzab utama fisika modern, mekanika quantum dan relativitas umum sepertinya berselisih paham soal ini. penjelasan teori relativitas bahwa gravitasi muncul akibat spacetime curvature agaknya tidak kompatible dengan mekanika kuantum.

usaha2 untuk menyatukan dua mahzab ini menghasilkan beberapa kandidat penjelasan, dua diantaranya adalah yg paling terkenal: teori string dan loop quantum gravity.

Bilangnya Enstein lewat teorinya, mengungkapkan kalau gravitasi itu lekukan ruang & waktu akibat massa & percepatan

teori string berhasil menjelaskan tentang gravitasi yg disebabkan oleh graviton baik pada materi berenergi rendah maupun tinggi dengan sebuah deskripsi baru tentang graviton. masalahnya adalah deskripsi baru ini mengharuskan kita mengakomodir enam dimensi dalam ruang, instead of tiga seperti yg selama ini kita kenal.


teori loop quantum gravity memiliki hampir semua fitur mekanika quantum dan relativitas umum. setelah ditemukannya variabel ashtekar, kemampuan teori ini untuk menjelaskan gravitasi juga semakin baik. permasalahannya adalah dalam teori ini space/ruang direpresentasikan oleh sebuah struktur jaringan yang disebut spin network. jaringan ini berkembang dan berubah dengan pola tertentu.

Waktu pun telah berlalu sekian lama, dan para ahli fisika mengetahui, bahwa teori gravitasi milik Newton tersebut merupakan hukum fisika yang sangat aneh.

Dibandingkan dengan gaya interaksi dasar lainnya, gravitasi sangat sulit dicerna. Alasan untuk keganjilan ini, mungkin dapat dijelaskan : "gravitasi bukan gaya interaksi fundamental, tetapi merupakan turunan dari gaya fundamental lainnya."

Professor Erik Verlinde (48 tahun), ahli teori dan professor fisika di Institute Teori Fisika, Universitas Amsterdam, mengajukan teori baru dari gravitasi, seperti dilaporkan oleh New York Times, pada tanggal 12 Juli 2010.


Dia berargumentasi dalam makalahnya yang terbaru, berjudul "Asal usul Gravitasi dan Hukum Newton", bahwa gravitasi adalah konsekuensi dari hukum termodinamik.

Memutar balikkan logika ilmu pengetahuan yang berumur 300 tahun, dengan mengajukan argument, bahwa gravitasi adalah sebuah ilusi yang menyebabkan kekacauan terus menerus dalam dunia fisika, atau setidaknya diantara mereka yang mengaku mengerti hal tersebut.

"Bagi saya, gravitasi itu tidak ada," kata Dr. Verlinde. Bukan berarti seseorang tidak dapat jatuh ke tanah, tetapi Dr. Verlinde, bersama-sama denga ahli fisika lainnya berpikir, bahwa ilmu pengetahuan melihat gravitasi dengan cara yang salah dan ada sesuatu yang lebih mendasar yang menyebabkan gravitasi itu "timbul".

Seperti layaknya bagaimana bursa saham dapat timbul akibat gejala kolektif dari para individu penanam modal, atau bagaimana elastisitas timbul dari sifat mekanik atom-atom.

Inti dari teori, mungkin berhubungan dengan kurangnya keteraturan dalam system fisik. Argument yang dikemukakan adalah apa yang anda dapat katakan sebagai "hari rambut terburuk" teori gravitasi.

Situasinya seperti ini : rambut anda keriting akibat panas dan kelembaban, karena ada banyak hal yag menyebabkan rambut anda untuk keriting daripada lurus, dan alam semesta menyukai beberapa opsi.

Maka diperlukan kekuatan untuk membuat rambut menjadi lurus dan mengurangi opsi alami. Lupakan jarak melengkung dan daya tarik menarik yang dijabarkan dalam persamaan Isaac Newton. Dr. Verlinde merumuskan dalil, bahwa gaya yang kita namakan gravitasi adalah kecendrungan produk alami dari ketidak beraturan yang maksimal.

Teori Professor Verlinde adalah bahwa gravitasi itu pada dasarnya adalah kekuatan entropik. Objek yang bergerak sekitar objek yang lebih kecil, akan merubah ketidak beraturan yang mengelilingi objek-objek tersebut, dan gravitasi akan gagal.

Berdasarkan ide dari teori Holografik, dia dapat menjabarkan hukum Newton yang kedua mengenai mekanik. Sebagai tambahan, teorinya mengenai fisika dari massa inersia juga merupakan pengertian baru. Makalahnya yang berjudul "Asal usul Gravitasi dan Hukum Newton" dapat ditemukan secara online disini.

Karena kontroversi akan hal tersebut, banyak ahli fisika berpikir, bahwa teori Dr. Verlinde kurang penjelasan. Lalu, apa sebenarnya itu gravitasi?

Guru Li Hongzi, pendiri Falun Gong, menyatakan dalam "Penguraian Fa" di Konfrensi Kanada tahun 2001

"Mengapa bisa terjadi fenomena gravitasi seperti yang dikatakan manusia? Karena semua kehidupan dan segala substansi, termasuk udara, air, dan segala yang ada di atas bumi dan Triloka, yaitu semua benda yang eksis dalam lingkup Triloka adalah terkomposisi oleh partikel-partikel dari semua tingkatan berbeda dalam lingkup Triloka, dan partikel-partikel berbeda dari tingkatan berbeda adalah saling berkaitan."

"Keterkaitan semacam ini didalam lingkup triloka dapat memanjang dan bergerak di bawah daya tarik. Dengan kata lain, jika anda menariknya, dia bisa memanjang seperti karet gelang, dan ketika dilepas akan kembali lagi. Yaitu ada sebuah bentuk keberadaan yang dasar dan stabil antar partikel-partikel. Inilah yang menyebabkan asalkan anda memindahkan benda apa saja dalam lingkungan bumi ini, dia akan kembali ke tanah."

Penelitian mengenai alam semesta dalam ilmu pengetahuan modern secara mendasar adalah berdasarkan teori gravitasi. Jika gravitasi itu tidak ada, maka pengertian kita mengenai galaksi dan struktur alam semesta juga salah.

Ini mungkin alasan mengapa para peneliti ruang angkasa kadangkala kesulitan untuk menjelaskan pergerakan gravitasi dari badan langit yang jauh dan harus menggunakan konsep "materi gelap" untuk membantu menyelaraskan persamaan.

Teori baru dari gravitasi dapat memberi titik terang akan beberapa permasalahan kosmik yang menjengkelkan yang ditemukan oleh para ilmuwan fisika, seperti energi gelap, sejenis anti gravitasi yang kelihatannya meningkatkan pemuaian alam semesta, atau materi gelap yang diperkirakan menyokong galaksi secara keseluruhan. Ini mungkin dapat menstimulasi para ilmuwan, untuk mencari pemahaman baru tentang alam semesta.



"Sejak lama kami telah tahu, bahwa gravitasi itu tidak ada, Kini saatnya untuk menyuarakannya" kata Dr. Verlinde.

Artikel Terkait

57 comments:

  1. hahahahaha,,,melihat isi dari artikel ini,,,penulis pasti bukan orang fisika,,bisa juga org fisika tapi ilmu fisikanya nda ada,,,masa percontohan asap yng tdk jatuh ke bawah,,,hahahahaha

    ni ane jelasin yah,,,bumi kita ini tidak hampa udara,,,dia di isi oleh partikel udara,,,seperti laut yang yang di isi oleh air,,,nah,,kenapa asap larinya ke atas,,itu karna massa jenis asap lebih ringan dibanding dengan massa jenis udara yg terdapat di bumi,,so,,,asap lari ke atas gan,,,sama seperti gabus yang ditenggelamkan di dalam air,,pasti ke atas.

    nih penulis pernah belajar filsafat sains fisika nda ??? bagaimna fiska itu dikaji ?? apa manfaat ilmu fisika ?? bagaimana pengetahuan fisika itu direduksi ??? aneh yakin tdk pernah,,,

    sok pakai kuantum lagi,,,jangan jangan cara menentukan energi pada sumur potensial dengan fungsi tangga loh ndak bisa..??

    nih ane bertanya,,,kalo gravitasi itu ndak ada trus loe ganti apa namanya ??? loe ganti "X" juga,,,ahahahaha

    saya nih org bodoh fisika, tapi saya yakin penulis nih lebih bodoh,,hahahahahahaha

    jangan samakan diri anda sebagai Galileo atau Newton atau max plank yang telah merevolusi pemikiran dunia dari pemikiran sebelumnya,,,mereka bisa karna konsep yang mereka terapkan bisa dipercaya dan tidak meragukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimaksih tanggapannya...sebenaranya saya bermaksud mengajak pembaca berdialektika dengan judul, yang saya buat agak fenomenal. tidak bermaksud menjadi fisikawan yang mampu merevolusi pemikiran dunia sebelumnya. namun tiada ilmu yang absolut sehingga kita harus terus berdialiktik. membangun anti tesis untuk teori gravitasi. sehingga menghasilkan sintesis yang lebih menarik tentang fisika.
      sedangkan pada awal penulisan, tentang kenapa asap tidak jatuh ke tanah karena gravitasi. sebarnya adalh jebakan pemikiran yang saya buat agar pembaca semakin greget dengan tulisan ini. karena asap memiliki wujud terlihat, begitu juga tanah sehingga pembaca mungkin berpikir kasus itu benar, karena udara dengan massa jenis lebih dari asap tidak tercitra oleh mata sehingga mungkin pembaca tak menyadarinya. sehingga ada dua kemungkinan. 1. orang percaya dan terus membaca dengan opsi tulisan ini bisa dipercaya. 2. orang tidak percaya karena melihat kesalah kajian gejal fisisnya dan terus membaca karena mencoba trus mencari kelemahan penulisan ini. hasilnya ada dua jenis tanggapan. setuju dan tidak setuju. dan itu adalah karakter manusia secara umum akan tanggapan itu. (menurut saya). maf saya tidak menaggapi tulisan yang sedikit merendahkan penulis. karena saya takut meremehkan anda karena saya selalu merasa kurang akan ilmu bisa jadi saya kurang maupun lebih tentang fisika(relativitas). namun pengalamna manusia niscaya berbeda jadi menurut saya tidak mungkin mengkomparasi dengan proses pemahaman dalam ruang dan waktu berbeda karena akan menjadi tidak adil menurut saya. tujuan tulisan ini adalah hukum gravitasi sebenrnya gejala fisis yang terjelaskan dengan hukum lainya. jadi tidak perlu di tulis sebagai hukum tersendiri. itulah sintesi akhir saya. saya berharap ada antitesis lain sehingga dialektika ini menjadi lebih menarik dan ilmiah. oh ya, bagi saya seorang fisikawan dan saintis atau apalah namnya itu ...menciptakan manusia berkarkter bersyukur dan melihat kebesaran Tuhan dalam setiap gejala kehidupn, dan bukan sombong dengan pengetahuannya, karena bagi saya ilmu tanpa etitude tidak menarik, tapi karena berilmu manusia semakin beretika. maf jika ada yang kurang dan khilaf dari tanggapan ini. boleh baca yang lain ya....terimaksih

      Delete
    2. oh ya boleh baca ini juga bang...
      http://gardasains.blogspot.com/2013/05/yang-terjadi-pendinginan-global-bukan.html

      Anonymous mang emailnya apa ya....mungkin boleh diskusi tentang fiska kalau ada yang menrik lagi.

      Delete
    3. nah itulah kacaunya sekarang,,karena tdk ada trust di negara tercinta ini,,bahkan sains pun dibawah-bawah ke masalah konspirasi (baik itu dibawah bawah ke masalah isu agama atau politik),,satu-satunya jalan kita berkiblat atau kita skeptis terhadap suatu hasil penelitian adalah ikut meneliti juga,,jangan dilawan dengan retorika karna itu sama sekali tdk nyambung.

      memang tidak ada yang absolut,,karna yang kita hitung selama ini adalah suatu yang masih menggunakan pengabaian,,selalu ada faktor yg diabaikan ketika itu dianggap sangat kecil,,,saya kira kalo anda seorang fisikawan pasti anda telah mempelajari deret fourier,,deret tailor,,nah di situlah sejatinya,,,sehingga kuantumpun mengajarkan ke kita bahwa sebenarnya itu bukan pasti tapi suatu kemungkinan

      Delete
    4. terimaksih, tanggapanya, yang seperti ini begitu baik dibaca karena sangat filosofis dalam ranah sains, sperti yang sy tulis dalam tanggapn di postingan global cooling, memng haus ad akemandirian agar maju dalam perdaban juga, tapi agak berbda kiranya seorang fisikawan harus belajar dalam ranh sosial agar bisa masuk dalam masyarkat dan saint bukan hanya berda dalam satu golongan saja, fisikawan pun perlu ekonomi , komunikasi misalnya retorika agar lebih menarik, sehingga fisika bukanlah hal yang menakutkan ketika kita baru mnginjak sekolah...

      Delete
    5. Kalu apel jatuh berarti gara" massa jenis toh?

      Delete
    6. Kalu apel jatuh berarti gara" massa jenis toh?

      Delete
    7. Massa pesawat , helikopter dan burung lebih besar Dr udara , dan jika ada daya tarik harusnya mereka ga bisa terbang , bagaimanapun caranya .

      Delete
    8. Jangan berdebat disini.. Lihat siapa yang komentar.. Anonym .. Mereka menyuarakan dan menyangkal dan menjelekkan penulis.. Apa itu yang di ajarkan dalam berfikir ilmiah ?.. Dia juga tidak berani menunjukkan idenditas.a tapi kalian mau menanggapi.. Yg seperti ini jangan.. Biarkan ..

      Delete
  2. "beretorika" yg saya maksud adalah kita hanya bisa dalam hal berbicara/membujuk/mengungkapkan argumen saja,tanpa di dahului oleh penelitian,,,padahal sebagai saintis di bidang fisika,,yang pertama harus kita ketahui adalah bagian fundamental dari fisika itu sendiri(termasuk teorinya),,setelah itu masuk ke dalam penelitiannya.

    nah,,,ingat,,fisika bukan ilmu humaniora yang membutuhkan validitas dan reliabilitas yang hanya berlaku pada waktu yang berbeda tapi tidak bisa diterapkan pada tempat yg berbeda,,,fisika bersifat universal yang apabila didukung oleh teori yang sangat kuat, itu sdh cukup.

    saya mengkritik judul artikel (gravitasi) yg anda tampilkan karna sangat tidak relefan dengan yg anda maksudkan sendiri.

    yg saya mau tanyakan ke anda,,APA KONSEP ATAU ARGUMEN ATAU PERCONTAHAN YANG ANDA BISA JELASKAN KE KAMI2 INI, SEHINGGA ANDA BERANI MENGATAKAN BAHWA GAYA GRAVITASI ITU TIDAK ADA ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. dasanya adalah argumn salah satu peneliti sy kira telah jelas siapa dalam tulisan diatas. tujuan judl ini adalah membuat sesuatu yang fenomenal dan menarik perhatian pembaca dan utamnya adalah bagaimna pembaca terpancing dengan tulisan ni agar tidak kaku dengan hukum sebelumnya dan truz mencari kebanran baru akan hukum yang sudah adan atau lebih tepatnya memperbaiki, dan bukan sekdar retorika. sehingga fisika bukan hanya ikut2tan saja tapi ikut berdialektika agar ilmu ini trus berkembang dan hal2 baru akn muncul tentunya dengan landasan ilmiah. sy kira jelas penegasan tak perlua ada hukum gravitasi oleh peneliti diatas.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Judul tulisan anda memancing saya . Begini ya Fahry Gra, kita berada di ukuran makro, kita melihat gaya gaya berinteraksi, seperti gaya pegas, gaya adhesive, gaya listrik, gaya gravitasi, gaya akibat kemagnetan, dan lain lain. Secara klasik, Baik hukum gaya tarik atau gaya tolak pada tiga hukum gaya, seperti: kemagnetan, listrik dan gravitasi menyerupai formula yang sama, F=Gm1m2/r2 (gravitasi newton), F=K Q1Q2/r2 (kelistrikan), F=K N1N2/r2 (kemagnetan). Sebenarnya gaya gaya tersebut jika dikaji lagi, merupakan interaksi dari beberapa gaya. Misalnya, gaya kemagnetan merupakan bentuk lanjut dari gaya listrik. Gaya pegas, merupakan kombinasi dari gaya interaksi inter molekul. Begitu seterusnya. Seiring berkembangnya fisika kuantum, quark, boson. didapat lagi apa yang menyebabkan terjadinya interaksi partikel partikel tersebut? Maka ditemukan: 1. gaya gravitasi (yg disebabkan adanya massa partikel), 2. gaya listrik/elektromagnet (yang disebabkan karena muatan partikel), 3. gaya nuklir lemah (yang menyebakan quark berubah menjadi quark lain), 4. gaya nuklir kuat (yang membuat proton dan netron tetap bersatu dalam inti)

    ReplyDelete
  5. Nah, utk lebih detail nya, sebaiknya baca artikel ini dari seorang yang cukup kampiun di ilmu fisika. http://langitselatan.com/2012/04/24/zarah-dan-gaya-fundamental-di-alam-semesta/

    ReplyDelete
  6. Artikel ini cukup membuat otak saya agak encer makasih gan

    ReplyDelete
  7. ane orang awam gan, klo di luar angkasa, massa jenis benda dari bumi apa juga ngikut?

    ReplyDelete
  8. Maaf, tapi kalo bikin artikel tuh jangan sampe ngebuat orang yang awam jadi bingung dan malah salah pengertian, kasihan mereka nanti dibilang bodoh kuadrat sama temen temenya

    ReplyDelete
  9. Maaf, tapi kalo bikin artikel tuh jangan sampe ngebuat orang yang awam jadi bingung dan malah salah pengertian, kasihan mereka nanti dibilang bodoh kuadrat sama temen temenya

    ReplyDelete
  10. Menurut saya semua teori maupun rumus yg telah dibuat selama ini blum bisa membuktikan apa penyebab adanya gravitasi. Yang ada hanya teori yg dipaksakan utk dipelajari dan diterima walaupun itu berasal dari ilmuwan sekelas einstein atau newton. Coba deh baca artikel ku " Teori Gravitasi Terbaru" /Phoenix, yg lebih logis , tks...

    ReplyDelete
  11. Kesimpulan artikel ini gravitasi itu ga ada yang ada cuma berat jenis tuh masuk akal juga.. Klo balon itu bisa terbang kenapa ya? kalo ada gravitasi harusnya ketarik ke bawah donk?
    Pasti ada yang jawab "itu karena berat jenis udara dalam balon lebih ringan dari udara luar balon, makanya balonnya terbang"..
    Lho??!! berarti ente setuju donk itu bukan gravitasi melaikan berat jenis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nais juga komentarnya :)) Btw salut sama yg punya blog, ga kemakan ejekan orang. Sains kan bebas nilai, jadi haram hukumnya memasukkan nilai2 kesombongan dalam opininya :))

      Delete
  12. Buah Apel jatuh dari pohon karena berat jenis,bukan gravitasi,gravitasi itu tidak ada

    ReplyDelete
  13. Gravitasi tidak ada!!!
    Yg ada Elektromagnetik dan Berat jenis

    ReplyDelete
  14. Arah jatuh apel ke bawah secara LURUS! itu yg jadi masalahnya,

    Teori bumi mengelilingi matahari KATANYA akibat ada gravitasi matahari, yg menarik planet planet lainnya.

    Pertanyaannya adalah kenapa kok MUTER-MUTER planetnya? Harusnya kan lurus .... Seperti gravitasi buah apel yg jatuh dari pohon.

    KECUALI APELNYA JATUH MUTERIN POHONNYA kayak obat nyamuk.. GUE BARU PERCAYA GRAVITASI ITU ADA

    Jelas saja teori mekanika kuantum dan teori relativitas bertentangan....

    ReplyDelete
  15. Sekarang lagi diadakan riset mengenai bumi itu sebenrnya datar bukan bulat,dalam riset itu juga dikatakan bahwa sbnernya gravitasi tidak ada dan sbnernya yg ada hanya berat jenis

    ReplyDelete
  16. Klw pun gravitasi itu ada
    Apa mungkin bisa menarik semua benda?
    Klw menurut saya secara awam
    Saya melihat benda seperti magnet secara nyata hanya bisa menarik beberapa logam saja..
    Bagaimana gravitasi bisa menarik semua materi
    Gk mungkin d semua benda ad unsur yg sama
    Lagi pula penyebab gravitasi juga belum jelas
    Klw elektromagnetik malah lebih logis

    ReplyDelete
  17. Menurut saya gravitasi itu ada.
    Jika kata Yuliani kenapa bumi tidak jatuh lurus ke matahari, saya dapat menjelaskan hal tersebut. Hal ini dapat dilihat dari teori-teori yang di sampaikan. Diantaranya teori big bang dan lain lain. Pada teori teori tersebut terjadi adanya gaya tabrakan maupun ledakan yang menyebabkan planet lplanet serpihan bergerak. Karena bumi lebih kecil daripada matahari maka bumi tentunya yang akan di tarik oleh matahari. Bumi memang tidak jatuh lurus ke matahari, tetapi bumi jatuh memutar dan mulai mendekati matahari. Serta rotasi bumi mulai melambat. Hal ini bisa saja di sebabkan oleh sedikitnya meteor yang jatuh di bumi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah... bumi jatuh memutar dan mulai mendekati matahari, berarti benar teori obat nyamuknya yuliani...

      Delete
    2. Mungkin ia terinspirasi oleh spiral Archimedes

      Delete
  18. Kalo tidak salah, saya pernah membaca artikel bahwa massa jenis itu ada karena udara. Udara seperti air di dalam kolam. Udara tidak dapat menembus keluar dari bumi karena di batasi atmosfer. Karena adanya udara yang memiliki massa jenis yang cukup rendah, maka terdapat benda yang dinyatakan dalam kondisi hukum newton 2. Karena adanya massa jenis dan udara maka di hubungkanlah menjadi gaya gravitasi. Hal inilah kenapa kita bisa melayang di luar angkasa. Jawabannya adalah karena hampa udara.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Saya adalah orng yg mengatakan gravitasi itu tidak ada.
    Jika gravitasi itu ada lalu kenp balon gas masih bisa terbang, burung2 tebang bebas di angkasa begitu juga dengan pesawat ?
    Jika gravitasi itu ada brap kuat daya tariknya sehingga membuat air laut dan benda2 yang ada di bumi masih menempel,
    Bukan kah ckup kuat ? Tp kenapa burung masih bisa terbang ? Aneh bukan ?
    Jngan bilang itu anti gravitasi, lalu yg tidak anti gravitasi apa ? Hahahaha
    Jika gravitasi itu ada mk benda yng brat dan benda yang ringan apabila di jatuhkan dengan ketinggian yang ckup tinggi maka akan mendrat bersamaan namun faktanya benda yang berat mndrat terlebih dahulu.
    Itu membuktikan bahwa Yang ada hanyalah berat jenis masa.
    Smakin brat bnda tersebut samkin cpat mendartnya.

    Jika gravitasi itu ada brrti bumi itu bulat.
    Tp sbnr nya bumi itu datar, slama ini kita di bohongi melalui pendidikan, media,
    Ckupu mudah membuat kebohongan yang besar, anda ckup mengulang ulang kebonhongan itu seakan2 itu nyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika balon bisa terbang dikarenakan massa jenis balon tersebut lebih kecil dari udara.jika burung bisa terbang dikarenakan burung memiliki sayap berpola stream Line yang bisa membuat burung mempunyai gaya angkat.trims

      Delete
    2. Sebelum anda berargumen dan mengatakan bahwa gravitasi itu tidak ada dengan alasan balon gas itu, sebaiknya anda belajar lagi fisika tentang mekanika fluida, atau mungkin bisa baca artikel ini

      http://www.rustamaji.net/id/sains/jika-air-laut-gak-tumpah-dan-bisa-nempel-di-bumi-kenapa-balon-yang-diisi-gas-bisa-terbang

      Delete
  21. Wow tnyata article ini lumayan lama yah,...inilah saatnya dukung Dr. Verlinde krna mgkin beliau bisa membantu kita semua...

    ReplyDelete
  22. Gravity is fake. Yang mana lebih kuat gravitasi atau gaya tarik magnet???
    Tapi mengapa besi bisa di tarik magnet ke atas dan tidak jatuh??? Dan ketika besinya lebih berat dri daya tarik maghnet maka besinya jatuh??? Ini menandaka benda jatuh karena berat jenis bukan gravitasi. Gravitasi dan evolusi keduaduanya adalah kebohongan besar dunia

    ReplyDelete
  23. banyak orang mengatakan mengerti tentang gravitasi,, ngerti dipaksakan... kenyataannya tidak logis..

    ReplyDelete
  24. teori graviti, kalau tidak ada gravitasi kita akan jatuh.... kalau jatuh kira2 ke mana jatuhnya yaah...?? hanya cicak saja yg merasakan gravitasi bumi.

    ReplyDelete
  25. pertanyaan saya kalau ada yang mengatakan jika gravitasi adalah berat jenis ,
    "kemana acuan arah dari berat jenis tersebut? energi apa yang mengarahkan sehingga benda itu jatuh pasti ke bawah ?"

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Kalau setiap benda dipengaruhi massa jenis..!! Apa yg terjadi jika minyak dan air dimasukkan kedalam satu botol yang sama. Pasti akan kelihatan perbedaannya. Minyak akan dibawah, air di atas. Penyebap karna beda massa jenis.. yang ingin saya tanyakan bagaimana kira2 botol yang berisi air dan minyak tersebut dibawa ke luar angkasa (ruang hampa) dan botol tersebut terdapat udara (massa jenis udara). Apa yang terjadi isi didalam botol..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin manusia pernah keluar angkasa? Apakah nasa benar-benar ke luar angkasa?

      Delete
  29. Konstan UNIVERSAL gravitasi adalah 9.8m/s2. Universal berarti keseluruhan. Seharusnya berefek ke semua benda. Tapi kenapa balon kecil gak pengaruh. Why BCOZ GRAVITY IS MAGIKKK wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  30. jika gravitasi tidak ada kenapa jatuh itu ke bumi bukan ke atas?

    ReplyDelete
  31. Gravitasi bisa ada ketika kita gagal move on, tapi gravitasi bisa tidak ada ketika kita sampi titik kepuasan (melayang-layang) :)

    ReplyDelete
  32. Cara membuktikan gravitasi ada atau tidaknya dengan pergi ke angkasa.

    ReplyDelete
  33. Erik Verlinde merupakan orang yang cara berfikirnya seperti Einstein.. Menciptakan Teori yang berdasarkan bukan dari teori-teori yang ada.. Tapi dengan kemurnian Ide dia.. Salut sama dia .. Walau kita tahu bahwa mksd Erik Verlinde ini bukan gravitasinya ga da .. Tapi teori-teori yang menjelaskan gravitasi sebelumnya memang tidak bgtu jelas dan selalu memiliki lubang dalam setiap teorinya

    Dan dia pun baik dengan mengajak kita untuk mempunyai pandangan baru tentang sebenarnya apa sih gravitasi yang sebenarnya..

    ReplyDelete
  34. Kalo menurut saya boleh lah untuk tingkat sub-atom digunakan teori Verlinde ini
    Tingkat sederhana seperti manusia gedung pesawat bsa menggunakan teori newton

    Untuk tingkat yang besar seperti tata surya galaksi bsa dengan teori einstein + yang katanya perlu Dark matter dan Dark energi

    ReplyDelete
  35. terus kenapa gatotkaca bisa terbang? kok tidak terpengaruh gravitasi?hehehehe. .

    ReplyDelete
  36. Gravitasi hanyalah sebuah 'nama', sedang Al-Quran adalah petunjuk yang nyata kebenarannya. Termasuk kebenaran tentang sesuatu yang selama ini kita kenal sebagai 'gravitasi'.

    Beberapa fakta ilmiah yang diungkapkan oleh beberapa ahli fisika tentang alam semesta dan isinya yang terungkap dan ternyata sudah disampaikan dalam Al-Qur’an jauh sebelum manusia menyimpulkannya. Berdasarkan teori gravitasi tentang alam semesta oleh Stephen Hawking (2011) dengan teori black hole yang menjelaskan kesimpulan bahwa keteraturan alam semesta ini  berhubungan dengan  gravitasi.

    Manusia dapat duduk, berdiri, berjalan karena ada gaya gravitasi. Mobil  diam dan melaju tetapi masih diatas jalan karena gaya gravitasi. Rumah, gedung tetap berdiri karena gaya gravitasi. Kapal berlayar dilautan karena gaya gravitasi. Gunung-gunung menancap di kulit bumi karena gaya gravitasi, bahkan magma gunungapi masih di dalam perut bumi karena gaya gravitasi dan sebagian ada yang keluar karena adanya tekanan yang melawan  gaya gravitasi  dalam bumi. Jika gravitasi hilang maka dipahami bahwa semua keadaan diatas tidak akan terjadi lagi, dan terjadilah  manusia, kendaraan, rumah, gunung  akan lepas dari  bumi dan berterbangan.

    Dalam ayat Al-Qur’an (Q.S.Al-Qoriah:1-5) di jelaskan bahwa pada hari Kiamat itu manusia dan Gunung berterbangan, dan ini berarti bahwa saat kiamat itu gravitasi pada alam semesta hilang. Pada hal jika kita analisa bahwa konsep terbang, berhamburan, bumi mengeluarkan isinya yang berat, pada saat Al-Qur’an diturunkan, tentulah tidak sesuai dengan rasional kehancuran saat itu. Logika kehancuran atau kiamat mungkin dianalogikan oleh manusia saat itu dengan semisalnya; banjir besar manusia tengelam pada kaum Nabi Nuh (Q.S.Al-Qamar:9-17), Angin kencang dan topan pada kaum Ad (Q.S.Asy-Syu”ara:123-140 dan Al-Haqqah:1-7), Gempa bumi dan hujan batu pada kaum Nabi Luth,Q.S.Al-A”raaf:80-84), Gempa bumi dasyat dan halilintar pada kaum Tsamud (Q.S. Asy-Syu”ara:155-159 dan Al-Haqqah:1-7).

    Rasional manusia tentang kehancuran ; banjir, hujan batu  dan gempa dasyat dimana bangunan runtuh kebawah, pohon tumbang, tanah rengkah seperti rasional gempa saat ini. Tetapi berita kehancuran (kiamat) di jelaskan oleh Nabi Muhammad saw dalam Al-Qur’an, diluar rasional dan diluar logika manusia saat itu. Berita kiamat tersebut adalah manusia seperti anai-anai terbang, gunung-gunung seperti kapasberterbangan, Bumi mengeluarkan isinya yang beratdan menjadi kosong. Semua peristiwa tersebut dalam fisika ada kaitannya dengan Gravitasi. Allah SWT menjelaskan dalam firmanNya keadaan manusia, gunung-gunung ketika hari kiamat. Hal tersebutlah sesuai dengan yang diungkapkan oleh pakar fisika saat ini, dimana gambaran disaat hari kiamat itu gravitasi hilang.

    Wallahu a'lam bisshawab...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahyu Javeast, gw lebih setuju sama loe. Teori GRAVITASI ITU BNR BNR TIDAK ADA. Klo ada juga, buktikan dengan perrcobaan dan jgn dlu membuat rumus. Al qur'an adalah petunjuk hidup dan sains modern msh klah oleh al qur'an karna ilmu.pengetahuan hanya ada d al qur'an. Gw salut sama loe, Wahyu Javeast

      Delete
  37. Gravitasi itu apa..??? aku gak ngerti fisika.. apakah itu sama dengan elektromagnetik...??? katanya seperti tarik menarik..apa yang di tarik..??? Gravitasi itu seperti MIMPI di SIANG bolong di bawah pohon apel..trus buahnya jatoh.. kenapa buahnya jatoh, itu karena apelnya uda mateng...

    ReplyDelete
  38. Berat jenis= massax gravitasi

    ReplyDelete
  39. artikel menarik bos,
    klo saya sih ngeliatnya klo ilmuan saat hanya bisa menjawab 'akibat' atau interaksi dr gravitasi tp belum mampu mnjawab 'sebab' dr gravitasi itu sendiri.

    namun berpikir terlalu ekstrim dengan mengatakn gravitasi itu tdk ada jg kurang tepat, apalagi cmn karna kita belum tau penyebabnya.

    ReplyDelete