Saturday, May 25, 2013

Kenapa bintang berkedip di malam hari...?

Pernahkah anda menjatuhkan koin dalam dasar kolam yang iarnya jernih?. Jika pernah pastinya anda akan melihat bahwasanya koin tidak terlihat datar dan malah bergelombang. Dan fenomena ini setidaknya terjadi bapa gejala berkedipnya bintang di langit saat malam hari. Harus diingat bahwa bintang yang bercahaya itu memiliki jarak yang bermil-mil jauhnya. Tentunya, melalui atmosfer bumi. Dan beolah langit itu berada di dasar kolam saat anda melihat koin tadi.
Atmosfer mengalami dinamika karena gas –gas di atmosfer terus bergerak, dan pergolakan itu akan terus bergolak tiap waktunya. Aktivitas ini bertindak seperti lensa dari prisma yang membelokkan cahaya bintang dari suatu sisi ke sisi lainnya dalam hitungan per detik. Untuk benda-benda yang terlihat besar seperti bulan, rata-rata pembelokan cahayanya keluar dan menyebar sehingga selalu terlihat bercahaya tak berkedip. Berbeda dengan bintang yang letaknya jauh, sumber cahayanya berupa titik sehingga saat masuk dalam atmosfer langsung dibelokkan dengan intensitas yang cepat menyebabkan bintang tampak berkedip.
Planet seperti Mars, Venus, dan Jupiter dari bumi tampak seperti bintang terang sebab letaknya lebih dekat dengan bumi sehingga cahayanya tidak terbelokkan, namun terkadang terjadi kerlap-kerlip yang bervariasi dalam jumlah cahaya yang berasal dari planet ini.
Tapi jagan coba membuat kolam di langit kamar anda karena ingin melihat bintang berkelip. Karena airnya bakal tumpah ya….

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment