Monday, May 20, 2013

Penyebab Miringnya Menara Pisa Italia

Masih ingat pelajaran SD anda tentang tujuh keajaiban dunia ?Kamu pasti tahu Menara Pisa kan? Ya, menara ini merupakan salah satu keajaiban dunia yang terletak di kota Pisa, Italia. Menara Pisa merupakan bangunan ketiga dari Campo dei Miracoli (Lapangan Pelangi) di Kota Pisa yang merupakan lonceng bagi kathedral. Keunikan dari menara ini adalah bangunannya yang berdiri miring ke arah tenggara, tidak seperti menara yang berdiri tegak pada umumnya. Nah, mengapa Menara Pisa berdiri miring seperti itu?
Menara Pisa dibangun selama hampir 200 Tahun, dimulai pada 9 Agustus 1173 dan berakhir pada 1350. Kemiringan Menara Pisa mulai tampak saat pembangunan lantai ketiga pada tahun 1178. Hal ini dikarenakan pondasi dari Menara Pisa amblas hingga 3 meter diantaranya karena bahan dasar pembuat menara yang memiliki bobot yang berat dan struktur lapisan tanah lokasi pembangunan yang lunak.
Sejak kemiringan itu, tinggi Menara Pisa menjadi berbeda yaitu 55,86 m dari permukaan tanah terendah dan 56,70 m dari permukaan tanah tertinggi. Nah, posisi kemiringan Menara Pisa ini akan terus menerus bertambah sepanjang tahunnya dan diduga akan bertahan hingga 300 tahun lagi. Hmmm 300 tahun lagi kira-kira masih ada Menara Pisa yang miring gak ya?
Dan saya merekomendasikan agar bagunan ini tidak layak dikatakan keajaiban dunia. Lebih tepatnya 7 kegagalan pembagunan gedung dunia. Etss…tapi kalau sudah mampu bagun menara sendiri baru boleh bilang begitu. Colek Indonesia!!!!!

Comen ya....!

Artikel Terkait

2 comments:

  1. welehhhh,,di situlah keajaibannya bro,,sdh miring/bergeser tapi tetap berdiri kokoh,,coba cari insinyur sekarang yg bisa membuat seperti demikian,,anda anak fisika,,lihat teori kostruksi bangunan modern,,bergeser sedikit saja suatu konstruksi akan memperoleh dampak yng sangat besar dan mengakibatkan keruntuhan karna penyebaran gaya2 terhadap konstruksi awal sudah berubah dari sebelumnya. perhatikan gambar menara pisa di atas, betapa besar beban yg ditanggung oleh sisi bagian kanan dari menara tersebut,,tapi selama puluhan tahun konstruksinya tetap sama dari awal,,di situlah keajaibannya bro.

    ReplyDelete
  2. kalau saya menacapkan tongkat besi pada kemiringan yang sama dan bertahan dalam waktu yang lama. berati saya membuat keajaiban.....karena ketidak sesuaian dengan rencana awal itulah mengapa penulis menggap bukan keajaiban.....terimaksh

    ReplyDelete