Friday, May 31, 2013

Pohon Bisa Bicara? cek

Ada teori bahwa tanaman juga memiliki perasaan seperti layaknya manusia dan tampaknya itu dibuktikan oleh ilmuwan ini. Philippe Marmottant dari Perancis mengklaim telah merekam jeritan pohon yang kehausan.

Dilansir wowkeren, Philippe mengaku berhasil merekam suara ultrasonik dari pohon yang meminta air dan ini merupakan rekaman pertama di dunia. Suara tersebut sebenarnya seratus kali lebih cepat daripada yang dapat didengar oleh telinga manusia namun tim peneliti mampu memperlambatnya. Setelah diperlambat di dalam laboratorium akhirnya suara ultasonik itu dapat didengar manusia.

Ilmuwan fisika dari Universitas Grenoble itu menggunakan irisan kayu pohon pinus mati yang dibasahi hidrogel. Potongan kayu tersebut dikondisikan seperti saat masih hidup untuk kemudian dipapar udara agar kering. Saat proses kering berlangsung ilmuwan mendengar kayu itu mengeluarkan bunyi meletup-letup.

Suara tersebut dihasilkan oleh gelembung udara yang naik kemudian menghilang sehingga pori-pori terbuka. Kehilangan kelembaban membuat pohon menghisap air tanah melalui akar yang menimbulkan suara-suara. Kini Philippe sedang berusaha membuat sensor khusus untuk mendengarkan suara tanaman lebih jelas dengan ahli biologi.

"Kita bisa melacak artikulasi gelembung. Apa yang kita temukan, suara yang kita dengar sebagian besar adalah ada hubungan dengan gelembung," tutur Philippe. "Jadi kami berharap bahwa penelitian kami akan membawa beberapa informasi baru tentang suara yang bisa didengar dari pohon.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment