Wednesday, June 12, 2013

Ada Berapakah Planet di Sistem Tata Surya? cek

(Foto: Phys)
CALIFORNIA - Sistem tata surya dihuni oleh sejumlah planet yang telah diketahui, mulai dari yang terdekat dengan matahari, yakni Merkurius hingga terjauh, Pluto. Namun, adakah planet lain di samping planet-planet tersebut?

Dilansir Phys, Rabu (29/5/2013), Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto merupakan planet yang terdapat pada sistem tata surya. Akan tetapi, salah satu peneliti Mike Brown menemukan objek lain selain sembilan planet yang telah dikenal pada 2005.

Mike menemukan Eris, objek es yang diperkirakan memiliki ukuran yang sama seperti Pluto. Pada 2006, beberapa astronom mendukung bahwa jumlah planet mencapai hingga 12, termasuk Pluto, Bulan Charon, Asteroid Ceres serta Eris.

Ceres merupakan objek asteroid yang pertama kali ditemukan. Selain itu, Ceres juga merupakan planet kurcaci terkecil yang memiliki permukaan es dan batu. Peneliti meyakini bahwa terdapat laut di bawah permukaan Ceres.

Eris merupakan planet kurcaci yang memiliki ukuran 27 persen lebih besar dari Pluto. Kabarnya, Eris memiliki Bulan yang dinamakan Dysnomia dan bergerak mengorbit Matahari.

Pluto yang merupakan planet kesembilan terdekat Matahari pernah ditemukan 80 tahun lalu. Peneliti mengungkap, semakin banyak ditemukannya planet di alam semesta, maka ilmuwan menyadari betapa indahnya keragaman planet tersebut. (fmh)

Ahmad Luthfi - Okezone

Artikel Terkait

1 comment: