Wednesday, June 5, 2013

Apa sih Keistimewaan Sedekah? Cek…

Allah SWT menyukai orang yang berbuat yang baik terhadap sesama, agama islam pun sangat kental dengan anjuran-anjuran untuk membantu sesama baik dengan sesama muslim maupun non muslim. Sedekah adalah salah satu cara yang Allah perintahkan kepada umatnya dalam membantu sesama. Sadaqah atau sedekah adalah daripada perkataan (Bahasa Arabصدقة‎) yang bermaksud benar, namun sedekah dapat didefinisikan sebagai segala bentuk kebajikan yang tidak terikat oleh jumlah , waktu dan bentuk pemberian
Apa sajakah keistimewaan dalam sedekah?
Kenapa begitu istimewa karena sedekah dapat dilakukan oleh orang yang tidak memiliki harta sekalipun. Memang sedekah sangat identic dengan memberikan harta kepada orang lain yang tidak mampu namun perbuatan sedakah sangat lah luas dan sederhana. Ada banyak kegiatan dalam keseharian kita yang tidak kita sadari termasuk dalam perbuatan sedakah. Taukah anda ketika kita membaca tahlil, tahmit, tasbih dan bacaan zikir lainya kita sedang bersedekah, atau bahkan ketika kita tersenyum dan menolong orang yang dalam keadaan tersesatpun termasuk dalam sedekah.
Rasulullah SAW bersabda " senyum kalian bagi saudarnya adalah sedekah, beramal ma'ruf dan nahi mungkar yang kalian lakukan untuk saudaranya adalah sedekah, dan kalian menunjukan jalan bagi seseorang yang tersesat adalah sedekah ( rhadits riwayat At Tarmidzi dan abu Dzar)
Perbuatan sederhana lainya yang termasuk dalam sedekah adalah menjenguk orang yang sedang sakit. Walaupun perbuatan yang sederhana perbuatan tersebut sangatlah berari bagi orang yang ditimpa musibah. Saat orang sedang sakit sudah tentu perlu mendapatkan perhatian yang lebih dari kerabat dan orang lain disisinya. Bentuk perhatian itulah yang menjadi penyemangat seseorang untuk berjuang melawan penyakitnya.
Dalam sebuah hadits Rasulullah saw. bersabda: Dari Abu Ubaidah bin Jarrah ra berkata, Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa yang menginfakkan kelebihan hartanya di jalan Allah swt., maka Allah akan melipatgandakannya dengan tujuh ratus (kali lipat). Dan barangsiapa yang berinfak untuk dirinya dan keluarganya, atau menjenguk orang sakit, atau menyingkirkan duri, maka mendapatkan kebaikan dan kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya. Puasa itu tameng selama ia tidak merusaknya. Dan barangsiapa yang Allah uji dengan satu ujian pada fisiknya, maka itu akan menjadi penggugur (dosa-dosanya)." (HR. Ahmad)

Dalam sebuah hadits digambarkan oleh Rasulullah saw.: Dari Abu Hurairah r.a. berkata, bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, "Setiap ruas-ruas persendian setiap insan adalah shadaqah. Setiap hari di mana matahari terbit adalah shadaqah, mengishlah di antara manusia (yang berselisih adalah shadaqah)." (HR. Bukhari)
Bahkan perkawina juga merupakan salah satu ladang sedekah. Taukah anda dalam suatu pernikahan hubungan intim antara suami da istri adalah sedekah, Maha Besar Allah dengan segala kemurahan hati-Nya. Sedekah merupakan suatu perbuatan baik yang sangat luar biasa manfaatnya. Begitu istimewanya sedekah sehingga sering disebutkan sebagai salah satu ibadah yang dapat menyelasaikan berbagai macam permasalahan.
Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment